Learning Series Predatech #12: Applied Digital Security

Kamis (23/09/20) – Puzzle Research Data Technology tengah mengadakan Webinar Learning Series Predatech Episode 12 dengan tajuk Applied Digital Securitydan juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan didalam acara PRECISION. Kegiatan ini seperti biasa dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis, dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung ke kanal YouTube Predatech Official.

Webinar kali ini di isi oleh salah satu dosen Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA RIAU yaitu bapak Pizaini, S.T., M.Kom. Webinar ini di pandu oleh Puji Herwina Noprita, S.Kom yang merupakan anggota aktif  Predatech Puzzle 17 sebagai moderator. Tak hanya itu, webinar ini juga mendapatkan partisipasi khususnya dari anggota aktif, Dosen Pembimbing Predatech UIN Suska Riau dan juga dari Mahasiswa, Dosen, ataupun Umum yang bersemangat mengikuti kegiatan Webinar ini.

lsp121

Dalam pemaparan materi oleh Narasumber webinar ini, Pizaini, S. T., M. Kom tentang topik yang sedang hangat saat ini yaitu “ Internet: Digital Security and Privacy” Beliau memaparkan isu keamanan data di Indonesia yang sangat rentan. Bahwa awal bulan ini Indonesia diisukan bocornya 1,3 Juta data pengguna eHAC. eHAC adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan. Isu ini perlu adanya klarifikasi lagi tentang bocornya data. Beliau juga menjelaskan bahwa isu ini, para ahli menyatakan perlu di audit karena secara  track record pemerintah di Indonesia sering terjadi kebocoran data atau pencurian data, seperti data BPJS, data Kepolisian dan lainnya. Ini menggambarkan bahwa keamanan digital dan privasi di Indonesia perlu diperhatikan.

Di akhir presentasi, moderator juga mempersilahkan kepada peserta untuk memberikan pertanyaan secara langsung. Beberapa pertanyaan muncul pada sesi tanya jawab ini. Antusias mahasiswa terlihat dengan adanya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Sebelum kegiatan webinar ini ditutup, dalam sesi akhir moderator menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber yang telah mempresentasikan materi webinar yang telah disampaikan.

Alhamdulillah, webinar episode kali ini berjalan dengan lancar serta banyak ilmu baru yang telah kita dapatkan dari narasumber yang luar biasa. Meskipun kegiatan ini kita laksanakan secara virtual, namun tidak mengurangi rasa semangat kita untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Semoga untuk kegiatan selanjutnya akan menjadi lebih baik lagi dan kita masih bisa bersama-sama untuk mengikuti kegiatan ini.

Predatech! Searching, Creating, And Giving the Best! (Siti Sarah & Hamdi Syukron)

About Rahweni Ocviani

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
27 − 18 =