Seminar Kapita Selekta Predatech Tahun 2022

Kamis, 05 November 2022 Puzzle Research Data Technology melaksanakan Seminar Kapita Selekta dengan tema “Perspektif Riset Data Science dan Kontribusinya pada Bidang Multidisiplin”. Ini kegiatan offline pertama kali setelah berakhirnya Covid-19, dilaksanakan di Aula Rektorat Lantai 5 UIN Suska Riau pukul 07.30 s/d 12.30 WIB. Tujuan dilaksanakannya seminar ini  untuk memberikan pemahaman dalam bidang data science dalam penerapannya. Antusias peserta sangat bersemangat dalam mengikuti seminar, yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dosen, anggota aktif predatech dan mahasiswa aktif umum UIN Suska Riau.

Untuk seminar kali ini dipimpin oleh MC utama dari anggota aktif predatech tahun 2020 bernama Wiwit Atika. Kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh Bapak Mustakim S.T., M.Kom selaku Ketua Puzzle Research Data Technology.

 

Dan acara selanjutnya yaitu kata sambutan dari Bapak Dr. Hartono selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Beliau menyampaikan bahwa publikasi itu penting dan menjadi syarat menyelesaikan studi di Fakultas Sains dan Teknologi, serta penelitian multidisiplin menjadi salah satu trend yang baru. Beliau juga menyampaikan Jadilah mahasiswa cerdas dalam memanfaatkan teknologi dan cerdas dalam mengambil keputusan.

Seminar Kapita Selekta diisi oleh tiga pemateri yang inspiratif dan sangat luar biasa yaitu bapak Dr. Alwis Nazir. M.Kom, bapak Dr. Muhammad Badri, SP.,M.Si, dan bapak Dr. Rahmad Kurniawan S.T., M.I.T serta dipandu oleh moderator bernama Said Thaufiq Rizaldi, S.Kom yang termasuk salah satu alumni Sistem Informasi angkatan 2017 dan anggota aktif Predatech Puzzle 17. Pemateri pertama adalah bapak Dr. Ahmad Kurniawan sebagai Dosen Teknik Informatika UIN Suska Riau. Beliau menyampaikan materi dengan judul “Implementasi Data Science Pada Bidang Kesehatan dan Kedokteran” narasumber menjelaskan bahwa istilah Data Mining, Data Science, Data Engineer, Data Analytic ternyata prinsipnya sama adalah data. Perbedaan industri dan society, dikatakan revolusi industri 1.0 adanya mesin dan sebuah Industri, industri 2.0 jika mesin tadi diberikan listrik menjadi industri 2.0 , jika mesin listrik tadi diberi chip dan transistor menjadi industri 3.0, industri 4.0 jika mesin tadi  diberi internet menjadi industri 4.0, sedangkan society 5.0 adalah kebiasaan kita yang sering upload online seperti upload foto.

Pemateri kedua ialah bapak Dr. M. Badri, SP., M.Si selaku Dosen Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau. Judul materi yang beliau sampaikan adalah “Integrasi Riset Data Science dan Communication Science” menyampaikan bahwa Sains Komunikasi dan Sains Data yakni kolaborasi yang jurnalisme data digital public relations komunikasi berbasis digital lainnya. Big data di olah Data Mining Termasuk opini publik di media online dan media sosial untuk menghasilkan Digital Public Relations.

Pemateri selanjutnya adalah bapak Dr. Rahmad Kurniawan S.T., M.I.T., MTA., CISD selaku dosen Ilmu Komputer Universitas Riau dengan judul materi “How Does Data Science Contribute In Multidiciplinary?”. Pemateri menjelaskan tentang revolusi pendidikan tinggi, yang dimulai dari Universitas 1.0 hingga Universitas 4.0. Pada Universitas 1.0 pengajaran kuliah masih berupa hapalan, Universitas 2.0 jika pembelajaran sudah berpusat pada peserta didik, Universitas 3.0 apabila penelitian pendidikan telah menghasilkan pengetahuan. Serta Universitas dapat dikatakan universitas 4.0 jika sudah memiliki inovasi pendidikan yang sudah menghasilkan inovasi

Di akhir presentasi, moderator juga mempersilahkan kepada peserta untuk sesi tanya jawab langsung. Beberapa pertanyaan muncul pada sesi tanya jawab ini. Antusiasme mahasiswa terlihat terhadap topik ini dengan adanya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Sebelum kegiatan webinar ini ditutup, dalam sesi akhir kesempatan ini moderator menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber yang telah mempresentasikan materi seminar.

Alhamdulillah, Seminar Kapita Selekta kali ini berjalan dengan lancar. Teman-teman bisa melihat tayangan ulang kegiatan Kapita Selekta ini di channel Youtube Official Predatech. Jangan lupa di Subscribe dan ikutin terus sosial media kita, akan ada kegiatan yang bermanfaat kedepannya.  Tetap semangat dan semoga untuk kegiatan selanjutnya menjadi lebih baik.

Predatech! Searching, Creating, and Giving the Best!

Adyah Widiarni dan Siti Sarah

About Admin 123

Check Also

Berkah Ramadhan; Predatech on Charity 2022

Sempat berbeda daripada biasanya, Predatech on Charity (Preority) kembali warnai Ramadhan tahun 2022. Kegiatan ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
7 + 8 =