Learning Series Predatech #8: Manajemen Referensi Karya Ilmiah

Kamis (09/09/21) – Puzzle Research Data Technology tengah mengadakan kegiatan webinar Learning Series Predatech Episode 8 dengan tajuk “Manajemen Referensi Karya Ilmiah” dan juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan didalam acara PRECISION. Kegiatan ini seperti biasa dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis dimulai tanggal 12 Agustus 2021 – 21 September 2021 serta dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung ke kanal Youtube Predatech Official.

Webinar kali ini di isi oleh salah satu dosen Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau yaitu Ibu Siti Ramadhani, S. Pd., M. Kom dan Sindhy Genjang Setyorini merupakan anggota aktif Predatech Puzle 23 yang ditunjuk sebagai Moderator.

lsp81

Tak hanya itu saja, webinar ini juga menghadirkan para peserta sebanyak ±67 yang bukan dari anggota Predatech saja, namun dari umum pun banyak yang mengikuti kegiatan ini. Dalam pembagian materi yang beliau sampaikan, ada beberapa kata yang beliau jelaskan secara singkat salah satunya ialah referensi: “Referensi merupakan bagian yang terpenting dan tampilan terakhir pada tugas akhir sehingga referensi ini sering diabaikan. Jika tidak diperhatikan maka akan menjadi bimbingan yang berulang-ulang. Dalam referensi berikan lah rujukan untuk konfirmasi ke peneliti yang di rujuk, ini merupakan etika dalam suatu penulisan. Pengaturan daftar pustaka dimulai dari jurnal dan proceeding, website, tugas akhir dan buku”.

Beliau juga menjelaskan mengenai aturan penulisan referensi dari jurnal, yaitu disusun dalam urutan penulis, tahun, judul artikel, nama jurnal, volume,nomor dan halaman. Dengan contoh sebagai berikut; Delanty, G & He B 2008, ‘Cosmopolitan perspectives on European and Asian transnationalism’,International Sociology, vol. 3, no.3, pp.232-334. Berikutnya spesifikasi teknis,aturan penulisan referensi dari tugas akhir disusun dalam urutan berikut nama, tahun terbit, judul skripi, tesis nama fakultas,nama universitas, lokasi kota dari universitas.

lsp82

Selain itu, beliau juga mengajarkan bagaimana menggunakan tools Mendeley dalam membuat referensi untuk daftar pustaka. Dalam materi yang beliau sampaikan sangat cocok bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian Tugas Akhir dan juga bagi mahasiswa yang ingin/ sedang membuat Karya Ilmiah.

Alhamdulillah, kegiatan ini tak kalah meriah dari kegiatan sebelumnya. Banyak sekali ilmu yang dapat kita ambil dari beliau untuk kita jadikan sebagai referensi utama dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Meskipun kegiatan ini kita laksanakan secara virtual namun tidak mengurangi rasa semangat kita untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Jangan lupa dipantengin terus kegiatan Predatech kedepannya ya. Ada kegiatan menarik dan inspiratif tentunya. Tetap semangat, dan jangan pernah putus asa! Predatech: The Power on Your Side! (Sari Novella Elszhur & Luthfia Khairani)

About Rahweni Ocviani

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
8 ⁄ 2 =