Learning Series Predatech #06: How Does Machine Learning Contribute to Fighting Against Covid-19

Puzzle Research Data Technology Uin Suska Riau kembali menggelar webinar Learning Series Predatech (LSP) episode ke-6 pada hari Kamis (02/09/2021) dilaksanakan mulai pukul 20.00 s/d Selesai. Webinar ini sangat menarik sekali dengan tema How Does Machine Learning Contribute to Fighting Against Covid-19 yang di sampaikan oleh narasumber kita yaitu bapak Dr. Rahmad Kurniawan, S.T., M.I.T.  Beliau merupakan Lecture Dept. Informatic Engineering UIN Suska Riau kemudian juga merupakan Researcher in Center for Artificial Intelligence Technology (CAIT) University Kebangsaan Malaysia. Serta tak lupa pula moderator kita yaitu Sella Annisa S.Kom yang merupakan salah satu member of Predatech Puzzle 16 UIN Suska Riau. Tak lupa pula pada webinar Learning Series Predatech episode ke -6 ini di ikuti lebih kurang 135 participant.

1

Wow sangat luar biasa sekali bukan? Peserta yang hadir tidak hanya dari anggota aktif Predatech saja, namun secara umum dari selain anggota aktif pun juga banyak yang mengikuti webinar tersebut. Meskipun kegiatan webinar ini di lakukan secara virtual dengan menggunakan via zoom meeting tetapi sedikitpun tidak mengurangi rasa semangat oleh participant yang sedang mengikuti webinar tersebut.

2

Dari materi yang beliau sampaikan, banyak sekali ilmu yang kita dapatkan tentang Machine Learning yang digunakan untuk memerangi Covid-19. Covid-19 merupakan virus yang sedang menyerang diseluruh dunia dari tahun 2019. Kabarnya, virus tersebut berasal dari Wuhan, China. Penelitian telah dilakukan untuk memerangi Covid-19 tersebut salah satunya dibidang kesehatan. Berbagai pakar kesehatan di dunia yang telah melakukan penelitian dalam memerangi Covid-19 yaitu menggunakan Machine Learning dan AI. Kenapa Machine Learning? Berdasarkan penelitian Machine Learning memiliki banyak keuntungan diantaranya memiliki skala lebih besar, proses yang dilakukan pun sangat cepat, dan handal. Secara spesifik keuntungan lain dari Machine Learning adalah dapat meningkatnya tingkat akurasi dalam prediksi. Selain itu keuntungan lain yang di dapat yakni bisa digunakan untuk jenis penyakit yang menular dan non-menular. Salah satu penyakit yang menular adalah Covid-19 ini. Beliau juga menyampaikan suatu algoritma tidak bisa menjadi hebat disemua penelitian karena terdapat algoritma yang memiliki akurasi yang tinggi tetapi proses yang lama. Dan ada juga yang prosesnya cepat tetapi memiliki tingkat akurasi yang rendah. Maka dari itu menerapkan algoritma yang tepat itu sangat penting dalam menggunakan Machine Learning.

Alhamdulillah, webinar ini berjalan dengan lancar walaupun sedikit ada kendala mengenai zoom yang digunakan, namun tak membuat para pasrticipant enggan mengikuti webinar ini sampai selesai serta banyak ilmu yang telah kita dapatkan dari materi yang telah disampaikan oleh para narasumber tersebut. Meskipun kegiatan ini kita laksanakan secara virtual namun tidak mengurangi rasa semangat kita untuk mendapatkan pengetahuan. Semoga untuk kegiatan selanjutnya akan menjadi lebih baik lagi dan semoga kita masih bisa bersama-sama untuk mengikuti kegiatan ini. Tetap semangat, dan jangan pernah mengeluh.

Predatech Searching, Creating, And Giving the Best ! (Qurrotul A’yuniyah & Adyah Widiarni)

About Rahweni Ocviani

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
18 ⁄ 9 =