Learning Series Predatech #05: Peluang Bisnis Digital Dimasa Pandemi Covid-19

Dalam rangka memeriahkan hari jadi PREDATECH yang ke 6 tahun, Puzzle Research Data Technology UIN Suska Riau menggelar webinar dalam tajuk Learning Series Predatech (LSP). Webinar ini merupakan salah satu segmen dalam kegiatan PRECISION atau Predatech Creation and Inspiration of Technology. Ini merupakan salah satu agenda rutin milik Predatech yang bertujuan memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan seputar teknologi informasi, dan pada tahun ini PRECISION tepat berusia 5 tahun.

Hari ini (Selasa 31/8/21) webinar ke-5 digelar dengan tajuk Learning Series Predatech #05: Peluang Bisnis Digital Dimasa Pandemi Covid-19. Selaku pemateri dalam webinar episode 5 pagi hari tadi adalah Bapak M. Afdal, ST, M.Kom. Beliau merupakan dosen aktif program studi Sistem Informasi UIN Suska Riau, dan juga salah satu dosen pembimbing PREDATECH UIN Suska Riau.

Serupa dengan 4 webinar sebelumnya, kegiatan diawali dengan ramah tamah, pembukaan oleh moderator dan disusul dengan pemaparan materi oleh narasumber. Bertindak sebagai moderator kali ini adalah Rahmatul Annisa yang merupakan anggota aktif PREDATECH Puzzle 17 UIN Suska Riau dan menjabat selaku Koordinator Divisi Media dan Content Creator PREDATECH UIN Suska Riau.

Kegiatan dimulai tepat pada pukul 10.00 WIB melalui Zoom virtual meeting. Khusus untuk peserta yang tidak sempat dan berhalangan menghadiri webinar via zoom meeting, bisa menyaksikan tayangan ulang melalui kanal YouTube Predatech Official UIN Suska Riau.

Narasumber memberikan arahan dan materi yang sangat luar biasa. Pada masa pandemi ini banyak tercipta inovasi baru dalam berbisnis, seperti berbisnis yang dilakukan melalui e-commerce online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll. Tak hanya melalui e-commerce, berbisnis pun dapat dilakukan melalui berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dsb. Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara dengan tingginya pengguna media sosial yang dimana hal ini dapat membuka peluang besar dalam memulai bisnis melalui media sosial.

1

“Dalam menjalankan bisnis pada e-commerce, marketplace dan online shop kita harus memiliki ilmu” ujarnya., yang dimana mengartikan bahwa setiap individu yang ingin memulai bisnis harus memiliki pengetahuan agar meminimalisisr kegagalan pada saat berbisnis. M. Afdal juga menekankan bahwa inti dari mencari peluang bisnis ialah riset produk.

Materi akhir yang disampaikan oleh pembicara ialah mengenai perbedaan antara supplier, dropship dan reseller sebagai pelaku usaha bisnis online. “silahkan jual produk dengan barang yang kita sukai tetapi dapat dimanfaatkan” tutupnya.

Predatech! Seraching, Creating and Giving The Best! (Tita & Suryani)

 

 

About Rahweni Ocviani

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
17 × 17 =