Learning Series Predatch #2: Poyeksi Kompetensi Kerja Programmer Berdasarkan SKKNI

PUZZLE RESEARCH DATA TECHNOLOGY UIN SUSKA RIAU. Kamis, 19 Agustus 2021 kembali mengadakan kegiatan webinar Learning Series Predatech Episode 2 yang merupakan bagian dari kegiatan PRECISION (Predatech Creation and Inspiration of Technology). Webinar di mulai pada pukul 10:00 s/d 11:30 WIB, meskipun dilaksanakan dalam bentuk virtual namun tidak sedikitpun mengurangi rasa semangat para partisipan yang mengikuti webinar tersebut. Termasuk para anggota aktif predatech juga.

1

Webinar tersebut di isi oleh pemateri berdedikasi tinggi yang sangat luar biasa yaitu bapak Suwanto Sanjaya, S.T., M.Kom, beliau merupakan dosen Prodi Teknik Informatika UIN SUSKA Riau dengan tajuk materi yang disampaikan adalah Proyeksi Kompetensi Kerja Programmer Berdasarkan SKKNI sekaligus dipandu oleh moderator yang merupakan salah satu anggota aktif predatech puzzle 16 yaitu Ega Dwi Lestari. Dalam pemaparan materi yang disampaikan cukup singkat dan mudah dimengerti terkait penggunaan SKKNI, kemudian membahas tentang pengelompokkan unit kompetensi yang harus di miliki seorang programmer.

3

2

Apa itu SKKNI? SKKNI yaitu “Standar Kopetensi Kerja Nasional Indonesia” yang mana SKKNI ini dikeluarkan oleh Kementrian Ketenagakerjaan. Fungsinya adalah sebagai acuan berbagai institusi yang diantaranya adalah bidang Pendidikan, bidang Usaha/ Industri, dan juga di bidang Sertifikasi. Dalam acara ini pun kita juga diajarkan secara singkat dalam melakukan sebuah perancangan yaitu dengan menggunakan struktur data, mengimplementasikan user interface, merancang user experience, merancang arsitektur aplikasi dan menggunakan spesifikasi program.

4

Selanjutnya pemateri juga menjelaskan tentang menulis kode sumber dan juga me-review kode sumber dalam sebuah pemograman. Kemudian pemateri juga menjelaskan bagaimana kita melakukan pengujian pada perangkat lunak dan juga bagaimana melakukan kegiatan pemasangan aplikasi.  Untuk melakukan kegiatan operasi perangkat lunak aplikasi kita perlu menerapkan alert notification ketika pada aplikasi terjadi suatu permasalahan dan juga melakukan pemantauan resource yang digunakan pada aplikasi.

Beliau juga menyampaikan bahwasannya “Haruskah menguasi semua bahasa pemrograman? Tidak harus!” pungkasnya. cukup 1 saja yang perlu di kuasai dan lebih mendalami bahasa pemrograman tersebut agar kedepannya lebih bagus. Beliau juga mencoba mengaplikasikan beberapa kode pemrograman diakhir webinar. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari materi yang telah disampaikan oleh bapak Suwanto tersebut. Predatech! Searching, Creating, And Giving the Best! (Qurotul A’yuniyah & Bella Oktavianti)

About Rahweni Ocviani

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
11 + 7 =