Learning Series Predatech #03: Al Quran dalam Riset Teknologi Informasi

Dalam rangka memeriahkan hari jadi yang ke 6 tahun, Puzzle Research Data Technology UIN Suska Riau menggelar webinar dalam tajuk Learning Series Predatech (LSP). Webinar ini merupakan salah satu segmen dalam kegiatan PRECISION atau Predatech Creation and Inspiration of Technology ini merupakan salah satu agenda rutin Predatech yang bertujuan memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan seputar teknologi, dan pada tahun ini PRECISION tepat berusia 5 tahun.

Menyusul dua webinar sebelumnya, hari ini (Kamis 24/8/21) webinar bertajuk Learning Series Predatech #03: Al Quran dalam Riset Teknologi Informasi digelar. Selaku pemateri dalam webinar ketiga ini adalah Dr. Rice Novita, S.Kom., M.Kom. Beliau merupakan dosen aktif Program Studi Sistem Informasi UIN Suska Riau, dan juga salah satu dosen pembimbing Predatech UIN Suska Riau.

wa1

Seperti biasa, webinar dimulai tepat pukul 10.00 WIB secara daring menggunakan Zoom Virtual Meeting, dan dapat juga disaksikan secara live melalui kanal Youtube Predatech Official. Bertindak selaku moderator pada kegiatan ini adalah Shinta Ayunda Putri yang merupakan anggota Predatech Puzzle 18. Dan webinar ini dihadiri oleh Mahasiswa/i, Anggota Aktif Predatech serta Dosen.

Kegiatan diawali dengan ramah tamah sesama peserta, pembukaan oleh moderator dan disusul dengan pemaparan materi oleh narasumber. Materi yang disampaikan oleh Narasumber ini lebih dikhususkan untuk Mahasiswa/i yang sedang Tugas Akhir. Di webinar ini narasumber menjelaskan tentang cara menemukan ide penelitian yang menarik dan seperti apa tahapan dalam penelitian computing. Beliau juga menyampaikan dalam menemukan ide penelitian yang menarik kita harus berfokus kepada keahlian yang dimiliki, kemampuan, kerjasama tim, tanggung jawab, dan sikap. Selain itu Pandangan Al-Qur’an tentang Sains dan Teknologi terdapat dalam salah satu Surah dalam Al-Qu’an yakni Surah Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya :

“…..Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat….”

wa2

Begitu banyak wawasan dan pengetahuan yang kita dapat dari materi yang beliau sampaikan. “Kita harus pintar dalam mencari kata kunci dalam mencari referensi untuk Penelitian” ujar Beliau. Dalam melakukan penelitian kita diharuskan untuk rajin membaca.

Alhamdulillah, webinar ini berjalan dengan lancar serta banyak ilmu yang telah kita dapatkan dari materi yang telah disampaikan oleh para narasumber tersebut. Meskipun kegiatan ini kita laksanakan secara virtual namun tidak mengurangi rasa semangat kita untuk mendapatkan pengetahuan. Semoga untuk kegiatan selanjutnya akan menjadi lebih baik lagi dan semoga kita masih bisa bersama-sama untuk mengikuti kegiatan ini. Tetap semangat, dan jangan pernah mengeluh! Predatech Searching, Creating, And Giving the Best! (Suryani & Adyah Widiarni)

About Rahweni Ocviani

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
11 − 11 =