Harvest of Insight #6 : Implementasi Algoritma Random Forest Dalam Klasifikasi Citra MRI Tumor Otak

Pada hari Kamis, 14 Juli 2021 seperti biasanya PREDATECH kembali menggelar webinar lanjutan minggu lalu yang di reschedule mengenai “Pembelajaran Machine Learning di Google Colab” melalui virtual zoom meeting dan disiarkan langsung pada channel Youtube Predatech Official.

Webinar ini dilaksanakan pukul 13.00 WIB s/d 14.20 WIB dan diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh seorang moderator yaitu Said Thaufik Rizaldi yang merupakan anggota aktif PREDATECH Puzzle 17 sekaligus  Mahasiswa Aktif Sistem Informasi UIN Suska Riau. Webinar ini menghadirkan narasumber yang tak kalah hebat dan juga sangat berprestasi dari sebelumnya. Alhamdulillah setiap PREDATECH mengadakan kegiatan Webinar, para partisipan antusias mengikuti kegiatan ini hingga berakhirnya acara ini. Selain itu, kegiatan webinar ini juga mendapatkan partisipasi yang sangat luar biasa dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi  yaitu Bapak Dr. Hartono, M. Pd seraya memberikan do’a dan dukungannya “Semoga lancar kegiatannya” tutur beliau.

hoi-61

Penyampaian materi oleh narasumber kita yaitu Zurriyata Fatni, S.T yang merupakan anggota PREDATECH Puzzle 20 dan alumni Teknik Informatika UIN Suska Riau. Dengan tema yang dibawakan “Implementasi Algoritma Random Forest dalam Klasifikasi Citra MRI (Magnetic Resonance Imaging) Tumor Otak”.  Materi yang dibawakan oleh narasumber merupakan bahan dari penelitian Tugas Akhir nya. Penelitian ini membahas tentang klasifikasi menggunakan Algoritma Random Forest. Selain itu, penelitian ini berkaitan dengan citra atau image processing. Implementasi Algoritma Random Forest menggunakan Google Collabs dengan Bahasa Pemograman Phyton versi 3. Implementasi penelitian tersebut menggunakan tools Jupyter.

hoi62

Narasumber telah memaparkan materi yang luar biasa. Webinar HOI episode 6 yang ke-3 ini merupakan sesi terakhir dari total tiga sesi pembelajaran dan pengenalan machine learning dan Alhamdulillah webinar ini berjalan dengan lancar dibarengi dengan ilmu yang telah didapatkan dari materi yang disampaikan oleh narasumber. Walaupun kegiatan webinar ini dilaksanakan secara virtual, namun tidak mengurangi rasa semangat kita untuk mencari ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya. Selagi situasi masih online, apa salahnya kita meng-upgrade skill kita dengan mengikuti webinar yang bermanfaat. Semoga kegitan webinar HOI kedepannya menjadi lebih baik lagi dan kita masih bisa berjumpa untuk mengikuti kegiatan ini. Tetap Semangat dan pantang menyerah! Predatech! Searching, Creating, And Giving the Best!. (Siti Sarah)

About Rahweni Ocviani

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
29 − 8 =