Predatech Goes to School 2: “Implementation of Information Technology to Sopport Paperless in The Classroom”

dh1Pada hari Rabu, tanggal  01 Maret 2017, tim Puzzle Research Data Technology (Predatech) kembali mengadakan kunjungan ke sekolah, kali ini tim Predatech melakukan kunjungan ke SMK Dar El Hikmah Pekanbaru. Dalam kunjungan tersebut tim Predatech menyajikan workshop yang bertema “Implematation of Information Technology to Sopport Paperless in the Classroom”. Kegiatan yang dilakukan dalam workshop tersebut yaitu memberikan pelatihan kepada para guru dalam memanfaatkan pengggunaan internet dan Teknologi Interaktif untuk Pembelajaran guna menunjang aktifitas para guru dalam proses belajar mengajar. Salah satu tujuan yang merupakan dari pelatihan tersebut adalah mengurangi pemakaian kertas dalam proses belajar mengajar dengan memanfaatkan fasilitas internet seperti e-learning.

dh3Dari penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran sama dengan menerapkan konsep paperless dalam dunia pendidikan yaitu dengan meminimalisir penggunaan kertas seperti saat mengadakan ujian atau kuis yang bisa dilakukan pada e-learning. Konsep paperless itu sendiri adalah mengurangi pemakaian kertas bukan meniadakan pemakaian kertas. Jadi diharapkan Paperless Office tidak diterjemahkan sebagai “Bebas Kertas”. Filosofinya adalah menggunakan sesedikit mungkin kertas dan digitalisasi dokumen. Adapun tujuan lainya dalam pelatihan ini yaitu:

  1. Meningkatkan kemampuan guru sebagai pengguna teknologi yang handal.
  2. Meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media yang mendukung proses belajar mengajar.
  3. Memanfaatkan secara maksimal fasilitas yang ada disekolah seperti Wi-Fi dankomputer untuk mendukung proses belajar mengajar.

dh6Workshop tersebut dibuka langsung oleh Bapak Amrullah, S.Ag selaku Kepala sekolah SMK Dar El Hikmah Pekanbaru, dilanjutkan kata sambutan oleh Ketua Predatech, Bapak Mustakim, S.T., M.Kom. Dalam sambutannya, ketua predatech mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan dan antusias para Guru mengikuti kegiatan tersebut. Ditambahkannya lagi predatech akan mendukung segala upaya pihak sekolah untuk menerapkan konsep teknologi dalam proses belajar mengajar. “Kita akan dukung sepenuhnya utuk peningkatan kualitas Guru dan siswa dalam penggunaan teknologi, kami siap membantu terkait hal tersebut baik dari sisi sumberdaya maupun sisi materi berbasiskan teknologi”, pungkasnya. Demikian juga Kepala Sekolah juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim predatech yang ikut andil dalam meningkatkan wawasan dh4guru sebagai motor penggerak bangsa. “Setidaknya kita terbantukan dengan program-program dari Fakultas Sains dan Teknologi (Predatech Red) ini, kita berharap agenda seperti ini berkelanjutan di sekolah kita”, pungkasnya.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.30 hingga berakhir 15.30 itu berlangsung sukses. Materi pertama disampaikan oleh Wahyu Ernu Setiawan dan Syarfi Aziz terkait pemanfaatan teknologi interaktif untuk mendukung belajar mengajar. Sesi kedua materi terikait Penggunaan Internet yang membahas tentang Google Apps dan E-Learning versi Edmodo dengan dukungan Google Apps dalam membantu metode pembelajaran disekolah. materi ini disampaikan oleh Hady Eka Saputra dan Wiwik Muslehatin.

dh5Dalam penyampaian materi, peserta workshop juga dibimbing langsung oleh anggota tim Predatech untuk mempraktekan cara pembuatan Google Apps dan Edmodo, serta adanya sesi tanya jawab oleh para guru ke pemateri workshop. Workshop ini ditutup dengan sesi foto bersama antara panitia penyelenggara dari tim Predatech dengan seluruh peserta workshop SMK Dar El Hikmah.

Pada Kunjungan kali ini, Predatech menjalin kerja sama dengan sekolah SMK Dar El Hikmah dalam bentuk penandatanganan dh2Memorandum of Understanding (MoU) oleh kedua belah pihak. Terwujudnya Mou ini merupakan salah satu tujuan di bentuknya Predatech yaitu membuat Memorandum of Understanding (MoU) untuk mewujudkan kerjasama yang bersinergi dalam menghasilkan riset yang lebih bermutu baik dari sisi pendidikan maupun teknologi. Dengan diselenggarakannya  workshop yang ditaja oleh tim Predatech ini sekaligus dibentuknya kerja sama antara pihak sekolah dengan tim Predatech, dapat mengembangkan keterampilan para guru SMK dibidang pemanfaatan Teknologi Informasi sesuai dengan motto Predatech “Searching, Creating, and Giving the Best”.

dh7Predatech kali ini membawa 13 Anggota dalam kegiatan tersebut, acara yang diketuai oleh Ikbal Gazalba, serta didukung oleh sekretaris Sari Devia Agustina dan Suliatun sebagai bendahara meninggalkan kesan tersendiri dihati para Guru SMK Dar El Hikmah Pekanbaru. Tentunya tidak terlepas dari peran anggota lainnya yang tergabung dalam tim tersebut.

Berikut Nama-nama Anggota tim predatech yang tergabung dalam tim kepanitiaan kegiatan Predatech Goes to School 2 adalah:

  1. Mustakim, S.T., M.Kom. (Pembimbing)
  2. Ikbal Gazalba (Ketua Panitia)
  3. Sari Devia Agustina (Sekretaris)
  4. Suliatun (Bendahara)
  5. Wahyu Ernu Setiawan (Pemateri)
  6. Syarfi Aziz (Pemateri)
  7. Hady Eka Saputra (Pemateri)
  8. Wiwik Muslehatin (Pemateri)
  9. Zakiah Nurviani (Tim Teknis)
  10. Novia Kumala Sari (Tim Teknis)
  11. Hamdani Asril (Tim Teknis)
  12. Bambang Setiawan (Tim Teknis)
  13. Zuliar Efendi (Tim Teknis)
  14. Rifaldi Saputra (Tim Teknis)

About adminuin

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
28 − 20 =