Predatech dan Sistem Infomasi UIN Suska Riau pada ajang Information Technology Creative Competition (ITCC) Bali

  img_20161111_145815Information Technology Creative Competition (ITCC) merupakan kompetisi bidang Teknologi Informasi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI) Universitas Udayana. ITCC mengusung tema yang berbeda di setiap tahunnya. Tahun ini ITCC mengusung tema “Empower people with Smart Green ICT” . ada beberapa lomba yang ada pada ITCC 2016 diantaranya cerdas cermat, desain web, pemograman dan pengembangan ide bisnis TIK.

Uin Suska Riau turut berpartisipasi dalam kegiatan ITCC tahun ini, dengan mengikuti perlombaan ide bisnis TIK. Dimana UIN Suska Riau mengutus 2 tim, setiap tim beranggotakan 3 orang. Tim 1 (HAS-TECH) beranggotakan Hady Eka Saputra, Aszani dan Suliatun, sedangkan Tim 2 (SIX-TECH) beranggotakan Hamdani Asril, Andre Oktora dan Bambang Setiawan. Kedua tim tersebut bberasal dari Program Studi Sistem Informasi yang tergabung dalam Komunitas Puzzle research Data Technology (Predatech) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau.

img_8412Perlombaan ide bisnis TIK ini menuntut peserta untuk berfikir kreatif dan inovatif, sehingga memunculkan ide-ide baru. Setiap ide bisnis harus memiliki keterkaitan dengan tema yang diusung yaitu Empower people with Smart Green ICT. Tim utusan UIN Suska sama-sama mengusung ide aplikasi berbasis Android untuk bidang jasa.

Tim HAS-TECH merancang aplikasi B-JAT dengan metode pembayaran penggunaan jasa menggunakan poin, dimana user (pengguna jasa) akan melakukan desposit terlebih dahulu, deposit yang dilakukan oleh user akan dikonversikan kedalam bentuk poin. Dengan adanya deposit awal maka akan memudahkan user dalam melakukan transaksi karena tidak melakukan transfer secara berulang-ulang, selain itu dengan bentuk poin, harga-harga yang ada di aplikasi akan terlihat jauh lebih murah.

img_20161111_063938Sedangkan Tim SIX-TECH merancang aplikasi Tolong.in dengan menentukan lokasi penyedia jasa terdekat dengan user. Hal ini akan memudahkan user dalam mencari penyedia jasa terdekat, sehingga user tahu lokasi dan jarak antara user dan penyedia jasa. Tidak hanya memudahkan user tetapi juga memudahkan penyedia jasa dalam mengambil pekerjaan yang terdekat dengan mereka dan sesuai dengan bidang pekerjaanya.

Persiapan ITCC 2016 ini dilakukan dengan 2 tahap. Tahap 1 yaitu tahap seleksi, pada tahap ini setiap tim mengirimkan proposal bisnis plan untuk dilakukan seleksi oleh para juri. Pembuatan proposal bisnis plan ini memakan waktu kurang lebih selama seminggu. Terdapat 11 Tim yang lolos pada tahap seleksi yang diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2016, dimana 11 tim inilah yang menjadi finalis dan melanjutkan ke tahap 2 yaitu final. Diantara 11 Tim tersebut terdapat 2 Tim utusan dari UIN Suska Riau.

Jarak antara tahap seleksi dan tahap final yaitu satu bulan. Selama satu bulan tersebut dilakukan pembangunan aplikasi dan dipresentasikan pada tanggal 11 November 2016 di Universitas Udayana Bali. Namun sayang Tim utusan UIN Suska Riau tidak mendapatkan juara pada ITCC 2016 hanya berada pada posisi ke 4 dan ke 6 dari 11 finalis yang tampil pada ajang tersebut.

By: Suliatun

About admin2016

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
15 + 20 =