Anggota Predatech dan Sistem Informasi UIN Suska Riau Raih Most Inspiring Team Gemastik 9 di UI

dsc_1044Gemastik kembali hadir dengan tema Enabling Smart Society through ICT . Dimana Gemastik 9 ini  digelar di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok 27 hingga 30 Oktober 2016 lalu. Kali ini tim dari UIN Suska keluar sebagai pemenang Most Inspiring Team. Kiprah UIN Suska Riau sendiri sebagai satu-satunya perguruan tinggi dibawah kementerian Agama yang lolos ke semi final, dari 37 Universitas terkemuka dibawah DIKTI. Dimana lewat sebuah tim yang dinamakan AS-Datech yang beranggotakan Aszani dan Sari Devia Agustina merupakan mahasiswi Prodi Sistem Informasi FST UIN Suska Riau yang tergabung dalam Tim Puzzle Research Data Technology (Predatech) menjadi utusan dalam lomba tersebut.

Gemastik diikuti 2.307 tim dari 113 Perguruan Tinggi se-Indonesia   yang bertanding pada 10 kategori lomba Gemastik, diantaranya aplikasi permainan, pengembangan perangkat lunak, data mining, piranti cerdas dan “embedded system”, e-Government, dan sebagainya.

gmsPengumuman pemenang lomba dilakukan saat acara puncak yang sekaligus penutupan secara resmi, oleh Wakil Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Dr. Didin Wahidin, M.Pd. Dimana pemenang lomba dibagi dalam dua kategori, Most Inspiring Team dan Best Poster. Kategori Most Inspiring Team diraih oleh tim “AS-Datech” UIN Suska Riau dan  tim “Silver Bullet” dari STMIK Palcomtech. Sedangkan kategori Best Poster diraih tim “Snorlax” Universitas Gajah Mada (UGM).

Most Inspiring Team sebagai apresiasi dewan juri kepada tim atas keberhasilan, keunggulan dan prestasi lain yang ditonjolkan yang jadi inspirasi 37 tim lain di semifinal. Selain itu seperti dikemukakan salah satu juri lomba kategori data mining, Dr. Yaya Heryadi, M.Sc dari Universitas Bina Nusantara (Binus), Most Inspiring Team ditetapkan dengan beberapa aspek penilaian eksternal. Ada beberapa kriteria penilaian penting yang kami nilai untuk menentukan predikat sebagai Most Inspiring Team”.

dsc_0853Dr. Yaya Heryadi, M.Sc juga memberikan apresiasi kepada pembimbing dari UIN Suska Riau, Mustakim, S.T., M.Kom. Beliau mengatakan AS-Datech memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk dapat berkembang dalam grup Riset yang berada di UIN Suska. Kategori Data Mining sendiri merupakan sebuah kategori perlombaan yang masih dibilang muda dalam Gemastik. Capaian yang diperoleh dari tim AS-Datech dalam kategori ini dikatakan memiliki pesaing yang luar biasa dari perguruan tinggi lainnya seperti ITB, UI, IPB dan ITS.

Mustakim sebagai Pembimbing dari Predatech UIN Suska Riau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua dukungan yang diberikan oleh pihak UIN Suska Riau, teruma Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau Dr. Hartono, M.Pd. “Ucapan terima kasih kepada Bapak Dekan FST yang selalu memberikan motivasi dan dorongan serta gebrakannya dalam mewujudkan FST menjadi pilar terdepan di UIN Suska ini”, Ungkap Mustakim.

By: Sari Devia Agustina

About admin2016

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
22 + 29 =