Kebanggaan dari Si Penghancur “MITOS” hingga Puzzle Research

ecaSistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sudah berdiri kurang lebih selama 14 tahun yang merupakan program studi dibawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi. Sistem informasi merupakan salah satu program studi yang berdiri dengan prodi teknik lainnya didalam fakultas yang berbau teknik. Mendengarkan kata fakultas teknik dan prodi yang berbau teknik selalu terlintas di pikiran yaitu “Mitos” fakultas teknik itu kuliahnya susah, susah dapat nilai bagus, kumpulan mahasiswa abadi, kumpulan mahasiswa demo, dan fakultas dengan krisis cewek cantik. Krena itulah kenapa kami menyebutnya mitos, iya M I T O S.

For your information, saya perkenalkan ya, ini dia salah satu mahasiswa kebanggaan sistem informasi angkatan 2013 yang berhasil menamatkankan kuliah 3,5 tahun, dengan IPK 3,71, sungguh angka yang fantastis untuk prodi yang dinaungi fakultas sains ini, dan nilai plus-nya dia adalah tough girl-nya sistem Informasi 2013. Dialah Reysa Hastarimasuci (panggilan Eca), salah satu mahasiswa yang menamatkan kuliah pada prodi sistem informasi dalam jangka waktu hanya 3,5 tahun dengan ipk 3,71. Melihat sejarah prodi sistem informasi, baru dua orang diangkatan sebelumnya yang sudah lebih dulu memecahkan rekor 3,5 tahun yaitu Priangga Emilsyah, S.Kom dan Nina Fadhila Najwa, S.Kom. Sedikit memang, itulah yang kami sebut-sebut dengan mitos tadi.

Tapi jangan beranggapan dia hanyamahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang) karena hanya mikirin kuliah dan belajar saja, dia itu merupakan mahasiswa aktif diberbagai kegiatan dan kepanitiaan, dia juga mantan anggota HMJ Sistem Informasi 2014-2015, selama menyandang status sebagai mahasiswa, nama Reysa ini sering muncul diberbagai struktur kepanitiaan kegiatan kampus, mulai dari panitia seminar, workshop, acara tahunan prodi sistem informasi, dan masih banyak lagi. Kaka hits yang satu ini banyak dicari para junior, senior dan teman-temannya karena keperduliaannya terhadap skripsi senior yang ketinggalan dan skripsi teman-temannya, selain itu dia dapat dijadikan tempat bertanya oleh para junior mengenai tugas-tugas kuliah, hal itu juga dikarenakan kaka ini pernah menjadi asisten praktikum dibeberapa mata kuliah. Bukan hanya organisasi di dalam kampus saja, dia juga aktif di kegiatan luar kampus seperti panitia pada event-event olahraga Provinsi Riau, salah satunya dia pernah ditunjuk sebagai Liaison Officer (LO) pada event olahraga bergengsi yaitu Pekan Olahraga Wilayah I Sumatera 2016. Lucunya eca ini adalah mantan penjual donat yang dia buat sendiri ke sekolah-sekolah saat libur kuliah untuk mencari tambahan beli eskrim, masih banyak lagi mantan lain yang ditinggalkannya (sorry bukan mantan itu) tapi mantan anggota dari organisasi dan intership lainnya.

20170203_173511Ternyata ada yang lebih keren lagi, saat ini Reysa merupakan Anggota Komunitas Riset Fakultas Sains dan Teknologi yang bernama Puzzle Research Data Technology atau yang lebih dikenal dengan Predatech. Komunitas riset yang didirikan oleh Dosen Hebat Sistem Informasi yaitu Bapak Mustakim, ST., M.Kom sekaligus pembimbing Tugas Akhir Reysa sendiri,memiliki banyak aset mahasiswa aktif yang berkompeten dalam melakukan riset di bidang teknologi, tetapi bukan hanya riset saja, predatech sendiri juga aktif melaksanakan kegiatan kunjungan ilmu untuk masyarakat khususnya sekolah-sekolah dengan tujuan berbagi ilmu dan informasi dibidang Teknologi  Informasi sesuai dengan motto Predatech yaitu “Searching, Creating, and Giving the Best”.

Melihat catatan hidup Reysa di lingkungan kemahasiswaan Sistem Informasi, menurut orang awam alangkah tidak mungkin sosok cewek difakultas teknik untuk menamatkan kuliah 3,5 tahun dengan IPK 3,71. Iya itu hanya mitos belaka, mahasiswa yang menggemari matakuliah Data Mining, Enterprise Information System, Management Information System dan Project Management ini menghancur leburkan “Mitos” tersebut. Berdasarkan Coffe Break sahabat puzzle denga Eca, dia tetaplah mahasiswa biasa, mahasiswa yang butuh tidur, makan, dan perhatian (kidding), perhatian dari dosen pembimbing agar proses pembuatan skripsi dan hasil skripsinya berkualitas. Dari beberapa moment kami mengutip banyak poinyaitu:

  1. Eca ini tetap seperti mahasiswa biasa lainnya, yang membedakan adalah jiwa untuk bekerja keras, gigih, time management, dan intinya selalu telfon orang tua katakan bahwa “aku mencintai ibu dan ayah, teruslah doakan aku” karena eca ini mahasiswa rantau dari negeri minangkabau yang melangkahkan kaki untuk menimba ilmu di negeri lancang kuning.
  2. Khusus prodi sistem informasi, kesan Eca kuliah selama ini adalah prodi sistem infomasi merupakan prodi yang banyak memiliki dosen cerdas, baik, perduli, dan penyayang terhadap mahasiswanya. Eca mengungkapkan rasa terimakasih yang amat besar untuk prodi berjuta ilmu dan informasi yang saat ini di ketuai oleh Bapak Syaifullah, SE., M.Sc, eca mengatakan jasa beliau dan para dosen lainnya tidak terbalaskan karena berkat bimbingan dan ilmu yang mereka berikan eca bisa menamatkan studi S1 dalam waktu 3,5 tahun.
  3. Karena si Eca ini anggota Tim Riset Predatech, dia punya sambutan dan kesan yaitu baginya, kekompakkan dan solidaritas tim yang membanggakan ini adalah yang terbaik yang pernah dia rasakan, hal itu dia ucapkan tidak terlepas dari bimbingan Bapak Mustakim, ST., M.Kom yang selalu mengajarkan dan mencontohkan cara bersikap dan beretika dengan baik, cara menuntut dan berbagi ilmu dengan ikhlas tanpa melupakan pentingnya rendah hati, sopan santun, dan bertanggung jawab. Eca juga mengungkapkan awal bergabung pada tim ini dia merasa minder karena kehebatan orang-orang di dalam tim predatech, eca bukan apa-apa di dalamnya. Tetapi dengan bimbingan para kakak dan abang senior yang telah lebih dulu bergabung dan bahkan beberapa dari mereka adalah pendiri dari Tim Predatech selalu membimbing, berbagi ilmu, cerita, dan pengalaman perlahan rasa minder itu berkurang, walaupun masih ada sedikit yang tesisa ungkap Eca. Terimakasih yang sedalam-dalamnya eca ungkapkan pada Tim Predatech berkat bantuang dan motivasi yang tim ini berikan eca bisa menyelesaikan studi 3,5 tahun.

Itulah beberapa poin yang sahabat puzzle kutip dari Eca, banyak point dan pelajaran dari kehidupan cewe hits dan mahasiswa tangguh ini yang tidak tertulis untuk dimuatkan dalam website, blog, dan buku yang lebih tebal dari novel “london love story”. yaaaa itulah kisah si CeweIntelektual muda dari kampus yang katanya “mitos” untuk tamat cepat dengan nilai yang amazing. Bagi para calon intektual muda lainnya, perkuliahan merupakan dunia yang rumit, penuh tantangan, hambatan, dan pengorbanantapi itulah syarat untuk menghilangkan kata “calon” untuk gelar yang kami sematkan untuk kalian. Tetaplah berkarya dan lakukan yang terbaik. Pesan eca yang terpenting berteman baiklah dengan orang sebanyak-banyaknya, karena tanpa kita ketahui banyak doa yang mereka sematkan untuk kesuksesan kita dan banyak pula pertolongan dari mereka yang kita dapatkan tanpa kita sadari. Sukses untuk semuanya, Salam Predatech dari eca untuk kalian.

About admin2016

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
9 + 17 =