Berkarya Sejak Dini, 6 Paper kelompok terbaik pada Mata Kuliah Pilihan Data Mining Layak Submit conference Journal Tingkat Nasional

3Jumat 13/01/2017 telah dilaksanakan ujian akhir semester  pada mata kuliah Data Mining. Projek akhir dari mata kuliah ini adalah membuat paper dengan menggunakan algoritma-algoritma Data Mining dan studi kasus yang berbeda sesuai dengan peminatan mahasiswa. Mata kuliah yang diampu oleh Bapak Mustakim S.T, M.Kom ini bukan merupakan mata kuliah pilihan yang sudah berdiri lama, tepatnya baru sekitar 2 tahun berjalan. Walaupun masih dikatakan belia tetapi output yang dihasilkan sudah luar biasa.

Total ada 6 paper terbaik yang masing-masing dikerjakan oleh 3-4 orang anggota kelompok, paper secara berurutan berdasarkan nilai poin tertinggi berjudul Klasifikasi Jenis Perairan pada Kapal Perikanan di Indonesia Menggunakan Algoritma K-nearest Neighbor oleh kelompok Risma Rustiyan R, Ifvo Deky Wirawan dan Lilis Suryani Samosir, Optimasi Cluster pada Algoritma K-Means dengan Reduksi Dimensi Dataset Menggunakan Principal Component Analysis untuk Pemetaan Persentase Sertifikasi Guru oleh kelompok Gusni Rahayu, Rakhes leo Putra dan Asfazli,2 Penerapan Metode Auto Regresive Integrated Moving Average dalam Forecasting Jumlah Pengunjung Perpustakaan UIN Suska Riau oleh kelompok Syarfi Aziz, Ozi Saputra, Ahmad Sayuti  dan Yoga Setiawan, Analisis Pengaruh Temperatur Terhadap Titik Embun, Jarak Pandang, Kecepatan Angin dan Curah Hujan Menggunakan Multiple  Regression oleh kelompok Azhiah Putri, Yogi Syafrialdi dan Yunita Anggrain, Perbandingan Algoritma K-Means dan Fuzzy C Means untuk Pengelompokan Data Iris oleh kelompok Aditya Ramadhan, Zuliar Efendi dan Emi Rizki Ayunanda, Pengelompokan Wilayah Berdasarkan Sarana dan Prasarana Kesehatan Menggunakan Principal Component Analysis K-Means oleh kelompok WInda Hafiza, Imam Siswandi dan Firmansyah.

1Dalam proses pengujian paper dosen pengampu dibantu oleh  5 asisten laboratorium yang  sudah berpengalaman dalam bidang penulisan ilmiah, 2 diantaranya pernah menjuarai The Most Inpiring Team bidang Data Mining dalam olimpiade tingkat nasional Gemastik yang diadakan di Universitas Indonesia Depok, Jawa Barat. Keseluruhan mahasiswa yang menerima predikat 6 paper terbaik ini merupakan mahasiswa yang masih duduk di bangku semester 5. Hal ini menunjukkan bahwa dalam berkarya tidak ada batasan usia, semakin dini kemampuan diasah maka prestasi semakin dini pula diraih.

Kedepannya kelompok yang bersedia untuk mempercanggih jurnanya maka akan langsung berada dibawah bimbingan bapak Mustakim S.T M.Kom dalam persiapan submit ke Conference tingkat Nasional.  Yang Muda  Berkarya!

Risma Rustiyan

About adminuin

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
1 + 14 =