Home / Artikel / Assad Hidayat: Sejarah Baru di PREDATECH

Assad Hidayat: Sejarah Baru di PREDATECH

Sejarah baru di Predatech? Sejarah apa? Sebelumnya perkenalkan nama saya Assad Hidayat, mahasiswa program studi Sistem Informasi UIN Suska Riau yang baru saja menamatkan studi pada tahun 2019 ini dan saya salah satu anggota organisasi dibawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau yaitu Puzzle Research Data Technology atau yang biasa disebut PREDATECH.

aTepat pada tanggal 3 Januari 2019 Sejarah baru tercipta di PREDATECH ketika saya menjadi salah satu mahasiswa yang paling beruntung karena dapat menyelesaikan studi selama 3.5 tahun dan berprediket Cum Laude dengan IPK 3.81, itu semua tidak lepas dari dukungan dan motivasi dari keluarga saya dirumah maupun di kampus, terutama Ibu saya yang selama ini menjadi motivator utama dikehidupan saya.

Dan juga tidak lepas dari dukungan dari Pembimbing Akademik saya yaitu Ibu Megawati, S.Kom., M.T. selaku orang tua kedua saya di kampus dan Bapak Mustakim, S.T., M.Kom. selaku pembimbing saya dan juga ketua dari organisasi PREDATECH, beliau merupakan pembimbing yang sangat luar biasa dan banyak memberikan saya arahan, dukungan serta motivasi sehingga saya dapat menyelesaikan studi di UIN Suska Riau.

Selama menjalani masa studi di kampus, saya pernah dipercaya untuk menjadi asisten dosen pada semester 4, 5, 6 dan 7 di mata kuliah Pemograman, Basis Data, Sistem Basis Data dan Data Mining. Selama berada di PREDATECH, saya telah banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu pengetahuan, salah satunya saya pernah publikasi karya ilmiah terindeks Scopus di Journal of Theoretical and Applied Information Technology dengan judul paper yaitu “Algorithm Comparison of Naïve Bayes Classifier and Probabilistic Neural Network for Water Area Classification of Fishing Vessel in Indonesia”.

PREDATECH merupakan keluarga kedua saya di kampus, karena di organisasi ini lah saya dirangkul dengan erat, dimotivasi, diajarkan dan diarahkan. Dimana awalnya saya hanya seorang mahasiswa yang biasa-biasa saja, namun setelah dirangkul di PREDATECH saya menjadi seorang mahasiswa yang dapat membahagiakan orang tua saya.

Banyak suka dan duka yang saya alami selama di PREDATECH. Salah satunya saya menemukan sesuatu yang tidak ditemukan orang diorganisasi lain, yaitu rasa kekeluargaan yang luar biasa, jiwa saling tolong menolong yang ditanamkan diorganisasi ini, sehingga terciptanya kenyamanan dan kebahagiaan dalam berorganisasi.

b

Tetapi, kebahagiaan yang saya rasakan itu tidak lepas dari hambatan, rintangan serta masalah yang saya hadapi, seperti masalah dirumah, masalah dikampus, masalah pertemanan, kecemburuan sosial dan masalah lainnya, itu semua tidak menghalangi usaha saya untuk bisa tamat 3.5 tahun dan berprediket Cum Laude.

Berikut saya berbagi tips kepada teman-teman semua, apa saja yang saya lakukan selama berkuliah sehingga dapat menyelesaikan studi selama 3.5 tahun:

  1. Niat dan minta restu Orang Tua.
  2. Tentukan target.
  3. Miliki komunikasi baik dengan dosen.
  4. Miliki komunikasi baik dengan kakak dan abang tingkat.
  5. Pandai memanfaatkan waktu dengan baik.
  6. Jangan lupa selalu beribadah dan berdoa.
  7. Jangan menyerah.
  8. Selalu berusaha.
  9. Abaikan perkataan buruk dari orang lain.
  10. Lawan rasa MALAS, karna itu lah musuh yang sebenarnya ketika mengerjakan TA.

Demikianlah sedikit-banyaknya kisah saya selama berkuliah di UIN Suska Riau dan beraktifitas di PREDATECH, sebenarnya masih banyak lagi yang ingin saya ceritakan, tetapi dengan tulisan ini sudah mewakili segala suka dan duka yang saya hadapi selama berkuliah, semoga tulisan ini dan sejarah baru yang tecipta di PREDATECH dapat menjadi motivasi bagi teman-teman semua dalam menyelesaikan perkuliahan.

Terimakasih untuk semuanya.

Tetaplah pada pendirian, meskipun banyak halangan dan rintangan yang menerpa, yakin lah bahwa Allah SWT telah membuat skenario yang indah.” – Assad Hidayat

About Muhammad Zakiy Fauzi

Mahasiswa jurusan Sistem Informasi. Menjadi salah satu penulis di website resmi, sekaligus Ketua dari Tim Media Puzzle Research Data Technology. Ingin berinteraksi dengan saya, silakan kunjungi IG @zakiyfauzi.

Check Also

_mg_0244-copy

PT. Chevron Pacific Indonesia North Area; “Bekerja Sebelum Wisuda, Bisa!”

Setelah kuliah mau kemana? Itu adalah sebuah pertanyaan yang sangat mengerikan bagi sebagian mahasiswa yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *