Home / Artikel / Karena SCOPUS, NKS Menjadi Mahasiswa Berprestasi di Yudisium Fakultas Sains dan Teknologi Angkatan XLIV

Karena SCOPUS, NKS Menjadi Mahasiswa Berprestasi di Yudisium Fakultas Sains dan Teknologi Angkatan XLIV

noviRabu, 12 September 2018. Ya, hari tersebut merupakan momen bersejarah yang hanya ada sekali dalam perkuliahan Strata 1 (S1), dan telah dialami oleh salah satu mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi UIN SUSKA Riau yaitu Novia Kumala Sari. Hari tersebut merupakan Yudisium Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau. Yudisium merupakan proses yang dilakukan akademik dengan memberikan pengumuman penilaian dan penetapan akhir selama perkuliahan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa terkait. Yudisium juga merupakan momen dimana penetapan lulusnya mahasiswa oleh pejabat yang berwenang yaitu Dekan atau Direktur Program Pascasarjana Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau.

Pada hari itu juga mahasiswi yang biasa disapa “Novi” ini pun mendapatkan penghargaan Mahasiswa Berprestasi dari pihak akademik Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau. Prestasi yang diraih mahasiswi ini karena ia mengajukan diri menjadi salah satu kandidat mahasiswa berprestasi dengan memberikan bukti publikasi ilmiah yang telah ter-index Scopus dengan judul “Eigen Value of Analytic Hierarchy Process as The Determinant for Class Target on Classification Algorithm” pada Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science (IJEECS). Seperti yang kita ketahui bahwasanya Scopus merupakan salah satu database literature ilmiah yang dimiliki oleh penerbit terkemuka dunia. Scopus memiliki cakupan jurnal yang lebih banyak dan menyajikan data hak paten berbagai penelitian di dunia. Ditambah lagi scopus merupakan jurnal internasional yang bereputasi sehingga publikasi ini menjadi nilai plus bagi semua peneliti.

Jurnal ini merupakan hasil penelitian dari Tugas Akhir yang dilakukan Novi dari tahun 2017 dan diterima pada bulan April 2018. Dalam jurnal ini pun novi dibimbing dengan Dosen Pembimbing Tugas Akhir yaitu Bapak Mustakim ST., M.Kom. Beliau pun menjadi Penulis pertama karena sangat banyak berkontribusi dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah ini. Kemudian tidak hanya itu, Novi dan Dosen Pembimbing pun juga berkolaborasi dengan Dosen Teknik Informatika UIN SUSKA Riau yaitu Bapak Jasril S.Si., M.Sc. dan salah satu Mahasiswi Program Sistem Informasi juga yaitu Nurul Gayatri Indah Reza.

Dengan berhasil memperoleh penghargaan ini, semoga dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman yang lainnya untuk mulai berkarya. Dengan begitu, dunia riset akan terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Jangan takut untuk memulai, nothing impossible if god work on.

By: Novia Kumala Sari

About Predatech Administrator

Check Also

crf

Empat dari Enam Mahasiwa Berprestasi Minat dan Bakat Fakultas Sains dan Teknologi Adalah Mahasiswa Predatech

Rabu, 28/11/2018, Pada Yudisium ke-XLV. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *