Learning Series Predatech #9: Pemanfaatan Voice User Interface Pada Pandemi Covid-19

Selasa (14/09/20) – Puzzle Research Data Technology tengah mengadakan Webinar Learning Series Predatech Episode 9 dengan tajuk “Pemanfaatan Voice User Interface pada Pandemi Covid 19” dan juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan didalam acara PRECISION. Kegiatan ini seperti biasa dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis dimulai tanggal 12 Agustus – 21 September 2021 serta dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung ke kanal YouTube Predatech Official.

Webinar kali ini di isi oleh salah satu dosen Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA RIAU yaitu bapak Reski Mai Candra, S.T., M.Sc dan Zalana Endesnah, S.Kom merupakan anggota aktif Predatech Puzzle 28 yang di tunjuk sebagai moderator. Tak hanya itu saja, webinar ini juga menghadirkan para peserta sebanyak ±85 yang bukan dari anggota Predatech saja, namun dari umum pun banyak yang mengikuti kegiatan ini.

img-20210914-wa0025

Selalu keren seperti biasa, webinar yang berlangsung pada Selasa malam tadi memberikan wawasan dan ilmu baru yang sangat menarik bagi peserta. Narasumber yang merupakan dosen aktif program studi Teknik Informatika UIN Sultan Syarif Kasim yaitu bapak Reski Mai Candra, S.T., M.Sc, beliau adalah founder Kuliah UX Design. Pada webinar bertajuk Pemanfaatan User Interface Pada Pandemi Covid-19, beliau memaparkan bagaimana konsep dari teknologi VUI dan bagaimana teknologi ini berperan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Mulai dari pengertian VUI itu sendiri, bagaimana tahapan perancangannya, sampai dengan tantangan apa saja yang mungkin muncul selama proses membangun VUI dan juga bagaimana solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

img-20210914-wa0027

Dalam kesempatan kali ini pula, beliau memberikan contoh tantangan yang akan ditemukan dalam teknologi VUI, yakni bagaimana membuat sebuah algoritma yang mampu mentransfer suara manusia menjadi sebuah teks yang tepat, serta memberikan hasil pencarian informasi yang akurat.
Menurutnya, teknologi VUI yang baik bukan hanya mampu menerjemahkan suara manusia, tetapi juga mampu berkomunikasi secara interaktif dengan memberikan solusi dan menawarkan opsi atas pertanyaan yang rancu dari pengguna.

Predatech, Searching, Creating and Giving The Best! (Zaira Cindya Dwynne & Suryani)

About Rahweni Ocviani

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
25 × 25 =