Predatech Meriahkan SNTIKI 9 dengan Menyumbangkan 9 Paper Ilmiah Bidang ICT

9-for-9Kamis (18/05/2017)- Fakultas Sains dan Teknologi kembali menyelenggarakan acara rutin tahunan Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (SNTIKI) yang ke-9 bertempat di Hotel Pangeran, Pekanbaru. Untuk tahun ini yang bertindak sebagai General Chair adalah Ibu Rika Susanti,.S.T,.M.Eng. Adapun tema yang diangkat SNTIKI pada tahun ini adalah “Global Collaboration Trough Islam, Science And Technology”. Serangkaian acara mulai dari sesi Pleno sampai akhir (Presentasi Makalah) berjalan dengan lancar, adapun Keynote Speaker yang berkesempatan mengisi acara adalah Prof. Dr. Ir KH. Mohammad Nuh DEA (Menteri Pendidikan RI 2009-2014), Dr. Dr H. A. Armyn Nurdin, M.Sc, Prof.Dr. M. Fauzan Noordin dan Drs. Muhammad Siddiq, MA namun sangat disayangkan Prof. Dr. Ir KH. Mohammad Nuh DEA berhalangan untuk hadir pada acara ini, namun demikian ketiga pemateri yang luar biasa dan dengan materi yang luar biasa juga tentunya, menyebabakan peserta acara sangat antusias dengan ilmu yang disampaikan.

Adapun untuk sesi yang kedua, presentasi makalah yang diikuti oleh peserta yang berasal dari beberapa Provinsi di Indonesia dibagi menjadi 4 ruang paralel. Paper yang lolos dan layak untuk dipresentasikan ada sebanyak 92 Paper dengan nomor ISSN 2579-7271 (Print) 2579-5406 (Online), dan diantara semua paper Predatech berkesempatan menyumbangkan sebanyak 9 buah paper dengan bidang ICT yang kebetulan terhimpun dalam satu ruangan paralel, secara berurutan berdasarkan Id-Paper, ICT-022 “Klasifikasi Jenis Perairan pada Kapal Perikanan di Indonesia Menggunakan K-Nearest Neighbor” , ICT-023 ”Penerapan Metode ARIMA untuk Peramalan Pengunjung Perpustakaan UIN Suska Riau”, ICT-024  “Penerapan Multiple Regression dalam Pendugaan Awal Kelulusan Mahasiswa”, ICT-025  “Principal Component Analysis untuk Dimensi Reduksi Data Clustering Sebagai Pemetaan Persentasi Sertifikasi Guru di Indonesia”, ICT-026 ”Analisis Sensitifitas Model Smart-AHP dengan Smarter-ROC sebagai Pengambilan Keputusan Multi Kriteria”, ICT-027 ”Perbandingan K-Means dan Fuzzy C Means untuk Pengelompokkan Data User Knowledge Modeling”, ICT-028 ”Analisa Pengaruh Temperatur terhadap Titik Embun, Jarak Pandang, Kecepatan Angin dan Curah Hujan Metode Regresi Linear Berganda”, ICT-029 ”Text Mining Classification Sebagai Rekomendasi Dosen Pembimbing Tugas Akhir Program Studi Sistem Informasi”, ICT-031 ”Penerapan Naive Bayes Classification untuk Klasifikasi Tingkat Kemungkinan Obesitas Mahasiswa Sistem Informasi UIN Suska Riau”. Untuk kedepannya Predatech akan lebih meningkatkan kemampuan dibidang riset ilmiah khususnya pada bidang kajian Machine Learning, Neural Network, Artificial Intelligence, Data Mining dan Big Data sebagai bentuk pengambdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara.

Ketua Predatech berharap untuk selanjutny harus lebih ditingkatkan dalam hal publikasi, terlebih bagi Mahasiswa yang meminati research Big Data. Diakhir sesi dalam acara tersebut harapan besar diletakkan dipundak masing-masing anggota untuk kemjuan dan keberhasilan predatech.. Selain itu, ketua beserta koordinator penelitian berharap dengan merapatnya beberapa perusahaan dikomunitas akan semakin menjadi penambah semangat untuk melakukan yang terbaik baik untuk Riau maupun Indonesia. Dalam acara tersebut salah satu peserta seminar dan presenter dari Predtech, Risma Rustiyan R dirinya berkomitmen untuk melanjutkan penelitian dibidang Big Data yang akan dikolaborasikan dengan konsep-konsep Sistem Informasi dan Computer Science.

Risma Rustiyan R

About adminuin

Check Also

Coaching Clinic 2022 Baper dan Pamer

Divisi Riset Publikasi dan Karya Ilmiah (RPKI) Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
12 − 8 =