Home / Puzzle Research

Puzzle Research

Apa itu Puzzle Research atau Predatech?

 skPuzzle Research merupakan sebuah Organisasi/ Komunitas Riset dibawah Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Puzzle Research atau dengan nama lengkapnya Puzzle Research Data Technology (Predatech) didirikan pada Tahun 2015 yang dipelopori oleh Mustakim, S.T., M.Kom. Predatech mendapat pengakuan dari Dekan FST Dr. Hartono, M.Pd pada Tanggal 11 November 2016 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Nomor: Un.04/F.V/PP.00.9/26/2016. Predatech merupakan bagian dan cikal bakal terwujudnya peneliti dibidang Machine Learning (ML) yang hingga saat ini terus berkembang. Pada awalnya, konsep Puzzle Research diambil dari konsep Bongkar Pasang dalam satu Bagian, berkembangnya ilmu pengetahuan dibidang tertentu meyebabkan perkembangan pula konsep Puzzle ini yaitu Saling Melengkapi.

Apa Arah dan Tujuan Predatech?

Secara umum Predatech memiliki tujuan Menghasilkan riset yang kredibel dan berkualitas, Menjalin kerjasama dengan pemerintah,  bersinergi dalam menghasilkan riset yang lebih bermutu dengan stakeholder, Mendukung tercapainya pembangunan nasional serta menghasilkan tim yang handal, berkomitmen dan profesional. Secara khusus memiliki tujuan untuk mengembangkan riset-riset dibidang machine learning menjadi poros utama di Indonesia.

Bidang apa yang dikaji dalam Predatech?

Bidang kajian machine learning sangat luas dalam cakupan keilmuan computer science, namu ada 4 bagian bidang yang disederhanakan sebagai fokus utama Predateh, yaitu:

  1. Data Mining
  2. Artificial Intelligence
  3. Decision Support dan Expert System
  4. Intelligence Information System

Empat bidang kajian tersebut memiliki hubungan erat dan saling bersinggungan untuk mendukung tujuan khusus puzle research yang memiliki arah studi komparasi, pemodelan, analisis, komputasi, hybrid algorithm dan implementasi algoritma.

Siapa saja anggota yang tergabung dalam Predatech?

Pada tahap awal, predatech dihuni oleh beberapa Dosen dan Mahasiswa yang konsisten meneliti pada bidang Data Mining, Artificial Intelligence dan Decision Support and Expert System. Anggota dari predatech merupakan keluarga Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau. Untuk menjadi anggota dalam komunitas ini tentunya adalah dengan memahami konsep ML dan melakukan penelitian pada bidang tersebut.

Nomor Keanggotaan terdiri dari 11 Digit Angka yang merupakan penjelasan dari Jenjang Organisasi Perguruan Tinggi, Fakultas, Program Studi, Tahun Bergabung, Kelompok Keanggotaan, Nomor Urut dalam Kelompok, Jenis Kelamin dan Nomor Keanggotaan. Sebagai Contoh adalah:

Yendra Afriza (NK: 15315142006)

Keterangan:

  • 1 (digit pertama) merupakan Jenjang Organisasi Perguruan Tinggi: S1 UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • 5 (digit kedua) merupakan Fakultas: Sains dan Teknologi
  • 3 (digit ketiga) merupakan Program Studi: Sistem Informasi
  • 15 (digit keempat dan lima) merupakan Tahun Masuk Organisasi: 2015
  • 1 (digit keenam) merupakan Kelompok Keanggotaan: Puzzle 1
  • 4 (digit ketujuh) merupakan Nomor Urut dalam Kelompok: (1) Agus J (2) Nur IS (3) Giantika OF (4) Yendra A (5) Richa DK
  • 2 (digit kedelapan) merupakan Jenis Kelamin: Perempuan
  • 006 (digit kesembilan – sebelas) merupakan Nomor Keanggotaan: 006

Apa yang menjadi sajian utama komunitas/ organisasi ini selain Research?

dinas-pertanianSelain riset, Predatech juga melakukan pendekatan keberbagai pihak seperti Pemerintah, Perguruan Tinggi, Sekolah, Perusahaan dan Masyarakat dengan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dalam program Puzzle Research Goes To Government/ School/ Campus dan Village. Program tersebut merupakan wujud dan implementasi dari ilmu pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan. Program  Puzzle Research Goes To merupakan wujud nyata untuk melakukan Pengabdian Masyarakat dengan penerapan Pengajaran dan pendidikan.

2Selain itu, agenda rutinan komunitas ini adalah KUSTAPRE atau Diskusi Santai Predatech, merupakan program belajar bareng dengan sesama anggota, sharing ilmu pengetahuan dan pendidikan karakter organisasi. kegiatan ini dilakukan setiap hari Sabtu dengan mengusung konsep belajar dengan santai. Harapan dari kegiatan ini adalah mempererat kekeluargaan, kepedulian sesama anggota serta kehidupan berorganisasi. Agenda lain yang menjadi unggulan selain research adalah dengan malukan Bakti Sosial Bersama Predatech yang rencananya akan menggandeng Organisasi dan Yayasan Sosial di Pekanbaru. Bakti sosial yang akan diusung merupakan program peduli sesama dengan Anak Yatim Panti Asuhan. Harapan dari kegiatan ini adalah mencetak generasi muda tangguh yang peduli sesama.