Home / Predatech Goes to School

Predatech Goes to School

1. PENDAHULUAN

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengalami perkembangan yang sangat pesat dan telah masuk ke berbagai bidang kehidupan. Oleh karena itu soft skill mengenai TIK memegang peranan yang sangat penting.  Ketersediaan akan sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing merupakan sebuah tuntutan dan kebutuhan mendasar didalam menghadapi globalisasi dunia. Peningkatan kemampuan SDM merupakan salah satu hal yang harus ditempuh agar meraka mampu berkompetisi dalam era globalisasi di masa mendatang.

dsc_0083

Preschool (Predatech Goes To School) adalah salah satu program PREDATECH yang bekerja sama dengan sekolah tingkat SMA/SMK sederajat. Preschool sendiri merupakan program yang dibuat untuk meningkatkan kemampuan SDM yang ada di sekolah tersebut dalam bidang TIK, baik itu Guru maupun siswa dalam bentuk workshop. Guru merupakan faktor penting dalam proses peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia sehingga guru dituntut untuk kreatif, inovatif dan memiliki wawasan yang luas dalam proses belajar mengajar.

Untuk itu, dengan meningkatkan kemapuan guru dalam bidang TIK diharapkan guru mampu memanfaatkan teknologi sebagai media pendukung proses belajar mengajar di kelas. Sedangkan untuk siswa workshop ini bertujuan  membantu para siswa SMA/SMK dalam membentuk skill para siswa dibidang Teknologi Informasi. Skill yang dimiliki para siswa tentunya akan sangat diperlukan untuk memasuki dunia kerja.

2. NAMA KEGIATAN

Nama kegiatan ini adalah PREDATECH GOES TO SCHOOL.

3. TEMA KEGIATAN

PGTS Ke- TEMA
1 Student’s Role in Realizing the Development of Information Technology in Indonesia
2 Implematation of Information Technology to Support Paperless in the Classroom


dsc_00824. TUJUAN KEGIATAN

Adapun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kemampuan guru maupun siswa sebagai pengguna teknologi yang handal.
  2. Meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media yang mendukung proses belajar mengajar.
  3. Memanfaatkan secara maksimal fasilitas yang ada disekolah seperti Wi-Fi dan komputer untuk mendukung proses belajar mengajar.

5. TARGET PESERTA DAN WAKTU PELAKSANAAN

Target kegiatan ini yaitu SMA/SMK sederajat, terkhususnya yang memiliki jurusan dibidang IT. Sedangkan peserta dan waktu pelaksaan yaitu sebagai berikut:

PGTS Ke- NAMA SEKOLAH PESERTA WAKTU
1 SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru  Siswa Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) Jum’at, 20 Mei 2016, Pukul 08:00
2 SMK Dar El Hikmah Pekanbaru Seluruh Guru SMK Dar El Hikmah Rabu, 01 Maret 2017 Pukul 08:30