Harvest Of Insight Predatech with the theme “Writing National and Internasional Scientific Papers”

Ditengah pandemi Covid-19 Puzzle Research Data Technology UIN Suska Riau mengadakan kegiatan webinar Harvest Of Insight episode 3 melalui virtual Zoom meeting pada hari Kamis, 25 Maret 2021 pukul 19.40 WIB dan kegiatan ini juga disiarkan secara live pada Youtube Predatech Official. Pada webinar episode kali ini merupakan salah satu dari program kerja Divisi Publikasi Ilmiah.

Tema pada webinar kali ini adalah “Writing National and Internasional Scientific Papers” dipandu oleh moderator yaitu Zalana Endesnah yang merupakan anggota aktif Predatech Puzzle 28. Dan tentunya pada webinar episode 3 ini juga turut mengundang dua narasumber yang sangat luar biasa yaitu Bapak Dr. Dedi Irawan, M.Sc yang merupakan dosen dari Universitas Riau dan Bapak Dr. Rahmad Kurniawan, S.T., M.I.T yang merupakan dosen dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Tak hanya itu, webinar ini juga mendapatkan partisipasi khususnya dari anggota aktif, Dosen Pembimbing Predatech UIN Suska Riau dan juga dari Mahasiswa, Dosen, ataupun Umum dari instansi lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penyampaian materi oleh narasumber pertama yaitu bapak Dr. Dedi Irawan, M.Sc dengan judul Strategy for Writing National and Internasional Scientific Papers”. Pemaparan yang disampaikan oleh narasumber yang pertama yaitu tentang cara menulis abstract, pendahuluan, methodologi, hasil, dan kesimpulan yang baik dan benar pada paper. Selain itu juga banyak motivasi dari beliau sampaikan untuk meningkatkan minat menulis paper kepada para pendengar.

hoi3-1

Selanjutnya dalam pembahasan oleh Bapak Dr. Dedi Irawan, M.Sc bahwa penulisan judul paper yaitu bagaimana sebuah judul dikatakan baik, kriterianya adalah singkat dan jelas, kata kerja yang digunakan adalah kata kerja aktif, kata yang digunakan sebanyak 10-20 kata, hindari menggunakan kata-kata singkat, gunakanlah keywords pada judul paper anda, dan hindari menggunakan gabungan 2 kata.

hoi3-2

Dilanjutkan dengan narasumber yang kedua oleh Bapak Dr. Rahmad Kurniawan, S.T., M.I.T. dengan tema Tips & Tricks for Writing National and Internasional Scientific Papers”. Pada materi tersebut beliau menyampaikan tentang tips dan trik dalam menulis sebuah paper.

hoi3-3

Adapun salah satu tips yang beliau berikan yaitu dalam menulis paper ada baiknya dimulai dari bagian methodologi, lalu dilanjutkan pada bagian hasil, kesimpulan, pendahuluan, abstract, dan judul.

Meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara daring, namun tidak mengurangi rasa semangat dari pada hadirin untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut dan akan menjadi lebih baik lagi. (Misratul Iffa & Siti Aminah)

About Halde Alfurqan

Halde Alfurqan

Check Also

Menutup Kegiatan di Tahun 2022, Predatech Hadirkan Gelaran Big Event Predatech dan Gala Festival Alumni

Predatech UIN Suska Riau sukses menggelar Big Event Predatech pada Sabtu, 19 November 2022 di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *