Little of Happines, Dreams Come True Go To Abroad

g1Nama saya Gusni rahayu, mahasiswa Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi yang tergabung sebagai salah satu anggota puzzle research data technology (PREDATECH). Setiap orang mempunyai berbagai macam mimpi, keluar negeripun menjadi sebuah impian saya tentang kehidupan, aturan, budaya, masyarakat dan sebagainya yang kemudian terwujudkan melalui sebuah program akademik yang lebih dikenal dengan Student Academic Visit (SAV) yang tujuannya visit kampus luar negri, yang pada kesempatan itu saya bersama 12 teman dari berbagai jurusan yang ada di UIN Suska Riau mengunjungi Prince of Songkla University (PSU) Pattani Campus, Thailand. Program tersebut merupakan kunjungan akademik yang sudah terjalin antara UIN Suska Riau dan PSU.

SAV di laksanakan pada tanggal 18 April sampai 25 April 2017, berangkat dari bandara SSQ II menuju KLIA yang dari awal keberangkatan sudah mendapatkan banyak pengalaman dan hal yang unik. Dari Malaysia dilanjutkan perjalanan menuju Provinsi Hatyai menggunakan bus selama 10 jam perjalanan, cukup lama namun transportasi yang disediakan membuat siapapun betah untuk berada lama dalam bus tersebut, seperti kursi yang bisa jadi tempat tidur nyaman beserta selimut, full AC, free wifi, TV dan stop kontak disetiap kursinya, serta kamar tidur yang ada di bagian belakang mobil, nyaman bukan? Perjalanan dilanjutkan 4jam lagi menuju Pattani menggunakan venn sebuah minibus yang mengantarkan kami menuju PSU. Kondisi asrama yang penuh mengaruskan kami untuk tinggal di hotel terdekat dengan kampus yang dibantu oleh mahasiswa PSU dan disambut hangat oleh Perkumpulan Mahasiswa Indonesia yang ada di Thailand (PERMITHA) dan makan bersama sebagai jamuan, sharing pengalaman serta cara mereka mendapatkan beasiswa disana pada malam harinya.

g2Keesokan paginya, kami mengunjungi Collage International Study (CIS), mahasiswa, dosen dan beberapa staff CIS kemudian memperkenalkan diri serta menyampaikan tujuan kami berkunjung. Kami melakukan persentasi tentang UIN berupa budaya, mahasiswa, lingkungan, jurusan yang ada beserta pemutaran video pendek pengenalan UIN Suska Riau dan sebaliknya serta tidak lupa memberikan cendra mata kepada pihak CIS dari UIN Suska Riau. Selanjutnya ketua BEM PSU mengajak kami untuk berkeliling melihat sekitaran PSU, kami memasuki perpustakaan John of Kennedy yang merupakan perpustakaan kampus yang terdiri dari 4 Lantai. Perpustakaan itu sendiri membuat kami takjub dengan fasilitas yang disediakan sangat lengkap seperti ruang baca, peminjaman buku, mini theater, peminjaman video dan ruang olahraga full alatnya . Sore haripun tiba, setelah selesai explore perpusatakaan, kami diajak ke food street kampus yang menjual berbagai macam makanan yang enak dan murah,

Hari berikutnya merupakan agenda kunjungan rombong ke konsulat Indonesia yang ada di Thailand. Lokasinya terletak di daerah Songkla yang berada sekitar 3 jam dari Pattani. Menikmati sedikit keindahan Thailand kami berkunjung ke Samila beach dan wisata patung Budha yang ada di Hatyai. Sore harinya kami berkunjung ke pasar terapung yang semua penjualnya berada diatas perahu kecil yang berderet di pinggir sungai menjajakan dagangannya. Satu hal yang menarik, setiap jam 8 pagi dan jam 6 sore, selalu di putar lagu kebangsaan Thailand “Phleng Chat Thai” semua orang sejenak berhenti melakukan semua aktivitas dan kegiatannya, berdiri sambil mendengarkan lagu tersebut sampai selesai. Bendera dan patung raja Thailand selalu terpasang di sepanjang jalan, betapa mereka menghargai bangsa mereka bukan?

g3Hari keempat merupakan hari terakhir saya dan rombongan di PSU Pattani, Kami berkesempatan untuk bergabung dalam acara diskusi bersama yang merupakan kegiatan tahunan hubungan antara PSU Thailand dan salah satu University Malaysia. Kami dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang digabung dengan mahasiswa dari Indonesia, Thailand dan Malaysia membahas suatu topik dan menarik kesimpulan untuk di persentasikan kemudian. Disana juga dilakukan seminar ujian hasil penelitian mahasiswa PSU dimana kami diberikan kesempatan untuk bertanya dan mencoba hasil penelitian mereka, meurut saya ini sangat menarik karena penelitiannya dapat di terapkan lansung dan dapat di saksikan oleh semua mahasiswa tidak hanya antara mahasiswa, dosen pembimbing dan dosen penguji saja.

Setelah acara selesai, kami juga berkesempatan untuk dapat bergabung dalam acara masak-masak makanan khas Thailand yang diadakan pada hari itu, rezeki memang tidak berpintu bukan? Kami dapat menikmati makanan yang banyak sebagai backpacker merupakan hal yang sangat disyukuri. Laan it merupakan kantin yang ada di PSU, kami agak susah menemukan makanan Halal namun karna mayoritas di PSU adalah muslim, jadi kami bisa meneukan makanan halal yang ada dikantin, kita harus meletakkan piring kembali ke tempat pencucian piring setelah makan dan meletakkan piring ketempat terpisah antara muslim dan Budha.

Setelah 4 hari di Thailand, dengan berat hati kami harus kembali setelah menyelesaikan tujuan disana dan kembali ke Malaysia pada sore hari. Kami akan mengunjungi university yang ada di Malaysia, namun karena berbagai alasan akhirnya kunjungan dibatalkan dan kami akhirnya memutuskan untuk menjelajahi sedikit tempat wisata yang ada di Kuala Lumpur seperti menara petronas, batu cave, pasar seni dan lainnya menggunakan Rapit Kl, MRT, LRT merupakan angkutan umum yang nyaman dan menyisakan banyak hal di setiap perjalannya. Seminggu berlalu dan kami kembali ke tanah air tercinta setelah mendapatkan berbagai macam pengalaman. Motivasi saya, Kamu harus bermimpi yang tinggi karena semakin tinggi mimpi yang kamu punya, semakin besar pencapaian yang akan kamu dapat. Dan memang semua hal didapat tidak semulus yang diharapkan, namun sebuah mimpi dapat terwujud bukan karena keajaiban, melainkan karena keringat dan kerja keras. Tetaplah optimis sang pemimpi.

By Gusni Rahayu.

About adminuin

Predatech Administrator

Check Also

Distatech Episode Spesial; Predatech Dissemination Incubator Industrial Integrated

Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Sultan Syarif Kasim Riau gelar Distatech episode spesial pada …