10 Top Algoritma Data Mining

data-mining-2Data Mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual. Patut diingat bahwa kata mining sendiri berarti usaha untuk mendapatkan sedikit barang berharga dari sejumlah besar material dasar. Karena itu Data Mining sebenarnya memiliki akar yang panjang dari bidang ilmu seperti kecerdasan buatan (artificial intelligent), machine learning, statistik dan database. Data mining adalah proses menerapkan metode ini untuk data dengan maksud untuk mengungkap pola-pola tersembunyi. Dengan arti lain Data mining adalah proses untuk penggalian pola-pola dari data. Data mining menjadi alat yang semakin penting untuk mengubah data tersebut menjadi informasi. Hal ini sering digunakan dalam berbagai praktek profil, seperti pemasaran, pengawasan, penipuan deteksi dan penemuan ilmiah.

Salah satu konferensi internasional terbesar tentang data mining, IEEE ICDM, baru saja berakhir tanggal 22 Desember 2006 yang lalu. Seperti yang telah saya umumkan pada posting saya yang lalu tentang 10 Well-Known Algorithm in Data Mining, salah satu feature pada ICDM kali ini adalah identifikasi top 10 algorithms in Data Mining. Dari 18 nominasi algoritma yang dibagi dalam 10 topik, telah diumumkan 10 Algoritma tersebut. Dari 18 nominasi tersebut dilakukan voting oleh anggota program committee KDD-06, ICDM’06, SDM’06, pemenang ACM KDD Innovation Award, dan pemenang IEEE ICDM Research Contribution Award yang kemudian diperoleh ranking 10 algoritma teratas. Berikut ini adalah hasilnya (Nomor tidak menunjukkan peringkatnya):

1. C 4.5

Pohon Keputusan (Decision Tree) merupakan metode klasifikasi dan prediksi yang sangat kuat dan terkenal. Metode pohon keputusan mengubah fakta yang sangat besar menjadi pohon keputusan yang merepresentasikan aturan. Aturan dapat dengan mudah dipahami dengan bahasa alami. Aturan ini juga dapat diekspresikan dalam bentuk bahasa basis data seperti SQL untuk mencari record pada kategori tertentu. Pohon keputusan juga berguna untuk mengeksplorasi data, menemukan hubungan tersembunyi antara sejumlah calon variabel input dengan sebuah variabel target. Karena pohon keputusan memadukan antara eksplorasi data dan pemodelan, pohon keputusan ini sangat bagus sebagai langkah awal dalam proses pemodelan bahkan ketika dijadikan sebagai model akhir dari beberapa teknik lain(J R Quinlan, 1993).

2. K-Means

K-means merupakan salah satu metode clustering non hirarki yang berusaha mempartisi data yang ada ke dalam bentuk satu atau lebih cluster. Metode ini mempartisi data ke dalam cluster sehingga data yang memiliki karakteristik yang sama dikelompokkan ke dalam satu cluster yang sama dan data yang mempunyai karateristik yang berbeda di kelompokan ke dalam cluster yang lain.

3. Support Vector Machines

SVM adalah metode machine learning  yang bekerja atas prinsip Structural Risk Minimization (SRM) dengan tujuan menemukan hyperplane terbaik yang memisahkan dua buah class pada input space. SVM merupakan sistem pembelajaran yang menggunakan ruang hipotesis berupa fungsi-fungsi linier dalam sebuah ruang fitur (feature space) berdimensi tinggi, dilatih dengan algoritma pembelajaran yang didasarkan pada teori optimasi dengan mengimplementasikan learning bias yang berasal dari teori pembelajaran statistik.

4. Apriori

Algoritma apriori adalah sebuah algoritma pencarian pola yang sangat populer dalam teknik penambangan data (datamining). Algoritma ini ditujukan untuk mencari kombinasi item-set yang mempunyai suatu nilai keseringan tertentu sesuai kriteria atau filter yang diinginkan. Hasil dari algoritma ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan pihak manajemen.

5. Expectation Maximisation Algorithm

Expectation Maximisation Algorithm (EM Algorithm) adalah algoritma yang sering digunakan untuk menemukan nilai estimasi Maximum Likelihood (ML) dari parameter dalam sebuah model probabilistic, dimana model juga tergantung pada latent variabel yang belum diketahui. Dalam algoritma ini, ada dua hal yang dilakukan secara bergantian yaitu E step yang menghitung nilai ekspektasi dari likelihood termasuk laten variabel seolah-olah seperti mereka ada, dan M step menghitung nilai estimasi ML dari parameter dengan memaksimalkan nilai ekspektasi dari likelihood yang ditemukan pada E step.

6. PageRank

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

7. k-Nearest Neighbors

K-Nearest Neighbor (KNN) adalah suatu metode yang menggunakan algoritmasupervised dimana hasil dari query instance yang baru diklasifikan berdasarkan mayoritas dari kategori pada KNN. Tujuan dari algoritma ini adalah mengklasifikasikan obyek baru bedasarkan atribut dan training sample. Algoritma metode KNN sangatlah sederhana, bekerja berdasarkan jarak terpendek dariquery instance ke training sample untuk menentukan KNN-nya. Training samplediproyeksikan ke ruang berdimensi banyak, dimana masing-masing dimensi merepresentasikan fitur dari data. Ruang ini dibagi menjadi bagian-bagian berdasarkan klasifikasi training sample.

8. Naıve Bayes

Naïve Bayes merupakan pengklasifikasian dengan metode probabilitas dan statistik yang dikemukakan oleh ilmuwan Inggris Thomas Bayes, yaitu memprediksi peluang di masa depan berdasarkan pengalaman di masa sebelumnya sehingga dikenal sebagai teorema Bayes. Teorema tersebut dikombinasikan dengan ”naive” dimana diasumsikan kondisi antar atribut saling bebas [1]. Pada sebuah dataset, setiap baris/dokumen I diasumsikan sebagai vector dari nilai-nilai atribut <x1,x2,…,x3> dimana tiap nilai-nilai menjadi peninjauan atribut Xi (iЄ[1,n])).

9. Classification and Regression Trees

CART (Classification And Regression Trees) yaitu metode pohon regresi dan pohon klasifikasi. Jika variabel dependen yang dimiliki bertipe kategorik maka CART menghasilkan pohon klasifikasi (classification trees), sedangkan jika variabel dependen yang dimiliki bertipe kontinu atau numerik maka CART menghasilkan pohon regresi (regression trees).

10. Adaboost

Model standard dari algoritma adaboost terdiri dari dua bagian, yaitu bagian offline training dan bagian online recognizing. Bagian offline training adalah bagian proses pelatihan data yang tidak bekerja secara realtime. Bagian ini meliputi penginputan sampel gambar positif dan sampel gambar negatif, preprocessing, pelatihan data oleh algoritma adaboost sampai membangun detektor. Setelah detektor terbentuk kita bisa melakukan pendeteksian secara realtime/online recognizing terhadap data pengujian. Sebelum melakukan pendeteksian dengan algoritma adaboost, terlebih dahulu data pengujian sudah harus mengalami preprocessing.

Sumber Asli

Sumber Gambar

About admin2016

admin2016

Check Also

Distatech Episode Spesial; Predatech Dissemination Incubator Industrial Integrated

Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Sultan Syarif Kasim Riau gelar Distatech episode spesial pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *